Home » » Baca Tulis Al Qur an

Baca Tulis Al Qur an

Written By Aflach Perdana Putra on Kamis, 13 Mei 2010 | 06.39

PENINGKATAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR'AN DENGAN MENGGUNAKAN METODE INDEKS MEET CARD
DI KELAS VII SMP A. WAHID HASYIM TEBUIRENG JOMBANG



A. LATAR BELAKANG
Belajar mengajar adalah suatu kegiatan yang bernilai edukatif. Nilai edukatif mewarnai interaksi yang terjadi antara guru dengan anak didik. Interaksi yang bernilai edukatif dikarenakan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu yang telah dirumuskan sebelum pengajaran dilakukan. Guru dengan sadar merencanakan kegiatan pengajaran secara sistematis dengan memanfaatkan segala sesuatu guna kepentingan pengajaran.
Di SMP A. Wahid Hasyim Tebuireng Jombang, pemahaman siswa kelas VII pada materi ajar Al-Qur'an Hadits sangat rendah dilihat dari hasil tes praktek pada semester I tahun pelajaran 2009-2010 dengan rata-rata nilai di bawah KKM yaitu 5,80. padahal KKM untuk pelajaran Al-Qur'an hadits adalah 6.00. hal ini disebabkan metode yang diterapkan guru tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Berdasarkan masalah di atas maka dalam penelitian ini, kami mengambil judul "Card Kelas VII di SMP A. Wahid Hasyim Tebuireng Jombang"

B. RUMUSAN MASALAH
Setelah memperhatikan latar belakang masalah di atas, maka dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut :
1. Apakah penggunaan metode Indek Meet Card dapat meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur'an siswa kelas VII di SMP Tebuireng Jombang.
2. Sejauh mana peningkatan kemampuan baca tulis Al-Qur'an siswa kelas VII melalui penerapan Metode Indek Meet Card di SMP Tebuireng Jombang.

C. CARA PEMECAHAN MASALAH
Satu persatu atau dibuat kelompok-kelompok kecil, siswa diperlakukan secara khusus agar penguasaan keterampilan baca tulis Al-Qur'an dengan metode Indeks Meet card mampu meningkatkan prestasi belajar siswa.
D. TUJUAN PENELITIAN
Adapun tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur'an kelas VII SMP Tebuireng Jombang dengan metode Indeks Meet card.

E. MANFAAT PENELITIAN
Secara umum penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan atau memperbaiki kualitas pembelajaran di kelas. Secara khusus, penelitian ini diharapkan dapat mempunyai kontribusi kepada siswa, guru, dan lembaga yang bersangkutan.
1. Bagi siswa
a. Siswa lebih aktif, kreatif dan termotivasi untuk meningkatkan proses dan hasil belajarnya, serta akan memberdayakan kemampuan baca tulis Al-Qur'annya.
b. Siswa dapat mengembangkan pada materi lain yang terkait dalam membaca dan menulis.
c. Siswa memperoleh pengetahuan dan pengalaman baru yang kelak bisa berguna bagi mereka sendiri.
2. Bagi Umum
a. Dapat meningkatkan profesionalisme dalam menjalankan dalam menjalankan tugas sebagai guru.
b. Menambah wawasan tentang metodologi pembelajaran mata pelajaran Al-Qur'an Hadits.
c. Dapat menstimulus guru dalam melakukan inovasi pembelajaran mata pelajaran Al-Qur'an Hadits.
d. Dapat membantu didalam memperbaiki mutu pembelajaran mata pelajaran Al-Qur'an Hadits.
e. Dapat memungkinkan guru secara aktif mengembangkan pengetahuan dan keterampilan.
f. Dapat meningkatkan rasa percaya diri guru.
3. Bagi lembaga yang Bersangkutan
a. Dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan kebijakan kemajuan lembaga pendidikan yang bersangkutan.
b. Dapat dijadikan sebagai bahan introspeksi untuk perbaikan kebijakan berikutnya.


F. HIPOTESIS TINDAKAN
Berikut ini adalah hipotesis tindakan yang diajukan pada penelitian ini :
a. Jika metode Index Meet card digunakan pada siswa kelas VII di SMP. A. Wahid Hasyim Tebuireng Jombang maka kegiatan baca tulis Al-Qur'an dapat meningkat.
b. Pembelajaran dengan metode Index Meet Card akan menambah kemampuan baca tulis Al-Qur'an siswa.
c. Penggunaan metode Index Meet card menjadikan proses belajar mengajar lebih terkontrol dan terarah serta terpenuhinya hasil belajar yang direncanakan.

G. RENCANA PENELITIAN
1. Subyek Penelitian
Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP. A. Wahid Hasyim Tebuireng Jombang dengan jumlah siswa 30 orang.
2. Tempat Penelitian
Dalam penelitian ini penulis mengambil lokasi di SMP. A. Wahid Hasyim Tebuireng Jombang. penulis mengambil lokasi ini dengan pertimbangan bekerja pada sekolah tersebut, sehingga memudahkan pencarian data dan subyek penelitian yang sangat sesuai dengan profesi penulis.
3. Waktu Penelitian
Dalam berbagai pertimbangan dan alasan, penulis menentukan penggunaan waktu penelitian dalam jangka waktu 3 bulan mulai September sampai dengan bulan Nopember pada semester Genap tahun pelajaran 2009-2010.
4. Rencana Tindakan
Waktu untuk melaksanakan tindakan pada bulan Nopember, mulai dari siklus I, siklus II dan siklus IV.
5. Indikator Kinerja
a. Perencanaan
Meliputi perencanaan materi pelajaran, latihan membaca, latihan menulis dengan media kartu
b. Tindakan
Kegiatan mencakup :
1. Siklus I meliputi pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup
2. Siklus II (sama dengan I)
3. Siklus III (sama dengan II)
c. Refleksi
Dimana perlu adanya pembahasan antara ketiga siklus tersebut untuk dapat menentukan kesimpulan atau hasil dari penelitian.

H. JADWAL PENELITIAN

NO KEGIATAN Minggu
Ke ….. Minggu
Ke ….. Minggu
Ke …..
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4
1 Perencanaan x x
2 Proses Pembelajaran x
3 Evaluasi x
4 Pengumpulan Data x x x
5 Analisis Data x
6 Penyusunan Hasil x x
7 Pelaporan hasil x x
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. GUS AFLACH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger