Home » » Proses dalam Pembentukan Akhlaq

Proses dalam Pembentukan Akhlaq

Written By Faishol Amir on Minggu, 17 Maret 2013 | 21.46


Pondok pesantren sebagai salah satu lembaga keagamaan mempunyai tanggung jawab terhadap pendidikan agama kaum muslimin. Hal ini dapat diketahui melalui pendapat Drs. Amir Dien Indrakusuma: “Lembaga-lembaga mempunyai tanggung jawab terhadap pendidikan agama anak-anak dan orang dewasa.
Pendidikan agama merupakan bagian pendidikan yang sangat penting yang berkenaan dengan aspek-aspek sikap dan nilai, antara lain akhlak, keagamaan dan social masyarakat. agama memberikan motivasi hidup dalam kehidupan.Oleh karena itu agama perlu diketahui, dipahami, diyakini dan diamalkan oleh manusia Indonesia agar dapat menjadi dasar kepribadian sehingga dapat menjadi manusia yang utuh. Agama mengatur hubungan manusia dengan Allah SWT,manusia dengan manusia, hubungan manusia dengan alam dan hubungan manusia dengan dirinya yang dapat menjamin keselarasan, keseimbangan dan keserasian dalam hidup manusia, baik sebagai pribadi maupun sebagai anggota masyarakat dalam mencapai kebahagiaan lahiriah dan rohaniah.
Kesibukan pekerjaan, kurangnya pengetahuan agama, kurangnya perhatian, dan minimnya keteladan pendidikan moral dari orang tua adalah merupakan salah satu penyebab dari timbulnya perilaku-peilaku yang penyimpangan, sehingga pendidikan akhlak sangat diperlukan sekali dalam rangka membentuk pribadi-pribadi yang berakhlakul karimah.



Download Makalah: "proses dalam pembentuakan akhlaq" Lengkap
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. GUS AFLACH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger